Senin, 04 Januari 2010

Email Bisa Diplesetkan Lho!

Hati-hatilah dalam menggunakan free email (email gratis via web). Kalau tidak, email bisa saja diplesetkan. Seolah-olah email kita, padahal bukan. Ini bisa saja terjadi. Misalnya saya menggunakan email gratis dari, sebutlah mail.abcdeghij-klmnopqrstu.com, dengan email address : <00010000@abcdeghij-klmnopqrstu.com>


Bisa saja orang lain memplesetkan acoount saya, sehingga menghasilkan email address : <>

Coba perhatikan secara pintas saja. Tampaknya sama. Padahal berbeda. Di mana perbedaannya? Tuh pada posisi angka 1.

Yang asli terletak pada nomor urut keempat (dihitung dari kiri)
Yang diplesetkan terletak pada nomor urut kelima (dihitung dari kiri)
Bisa saja kan "Kambing Congek" menulis email dengan isi berita bohong kepada famili saya :"Bang .... rumah saya kebakaran. Pulanglah, Bang!"

Jadi seolah-olah berita itu datang dari saya. Padahal justru dari "Kambing Congek".

Tentu saja karena saking kagetnya, famili saya tidak sempat lagi melihat bagaimana susunan angka account, yaitu dengan jalan melakukan "reply". Apalagi kalau peristiwa itu terjadi untuk pertama kalinya.

Bagaimana pula kalau famili saya itu tidak melakukan chek and ricek alias langsung menemui saya, seperti melalui telepon? Misalnya, langsung datang ke rumah saya yang berjarak puluhan kilometer dengan sikap panik dan gelisah. Bila ini memang terjadi, berarti telah terjadi kerugian, fisik maupun mental, yang besar-kecilnya tergantung pada situasi-kondisinya ketika itu.

Karena itu, sekali lagi, hati-hatilah dalam menggunakan dan memilih Free Email.
Sedangkan untuk kita sendiri, janganlah sampai tergoda untuk menyalahgunakan Free Email dengan maksud merugikan pihak lain. Hanya saya belum tahu, sejauh mana penyedia email gratis mengantisipasi kemungkinan adanya modus negatif tersebut.

Sumber Link

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GRATIS SMS KE SEMUA OPERATOR

Layanan SMS gratis tak terbatas (Unlimited Free SMS). Dapat digunakan kemana saja. Ke semua operator di Indonesia. Dan ini semua untuk anda...